Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28248
Title: PENGARUH MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DI KELAS II SANGGAR BELAJAR KAMPUNG BHARU MALAYSIA
Authors: ATMAJA, TRI MUTIARA
Keywords: keterampilan membaca permulaan;media gambar seri
Issue Date: 7-Aug-2025
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini mengkaji pengaruh media gambar seri terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas II di Sanggar Belajar Kampung Bharu Malaysia. Menggunakan desain penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, penelitian ini melibatkan 15 siswa kelas II sebagai populasi sekaligus sampel. Teknik pengumpulan data meliputi lembar observasi dan tes untuk mengukur kemampuan membaca permulaan siswa. Penelitian ini menggunakan desain non equivalent group untuk menyelidiki perbedaan hasil sebelum dan sesudah perlakuan. Temuan penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil pretest (nilai rata-rata: 64,06) dan posttest (nilai rata-rata: 82,13), menunjukkan peningkatan sebesar 18,07 poin setelah penerapan media gambar seri. Analisis uji paired t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), menegaskan bahwa media gambar seri berpengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan. Sebelum perlakuan, hanya 3 siswa yang mencapai nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM > 70), sedangkan setelah perlakuan, 14 siswa memperoleh nilai di atas batas KKM. Penelitian ini membuktikan bahwa media gambar seri secara efektif meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa dengan menyediakan representasi visual yang meningkatkan motivasi, menstimulasi imajinasi, dan membantu siswa menghubungkan huruf dengan konsep yang bermakna. Studi ini memberikan wawasan berharga bagi guru sekolah dasar dalam memilih media yang tepat untuk meningkatkan pengajaran membaca permulaan.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28248
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
scan CD- Tiara.pdfFull Text5.61 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.