Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28245
Title: PENGARUH MEDIA MULTIPLATFROM DIGITAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYAJIKAN HASIL KARYA SISWA KELAS IV MIS NURUL IMAN
Authors: GAJA, KEMAL FAUZI
Keywords: Media Multiplatfrom;Keterampilan Menyajikan Hasil Karya,
Issue Date: 13-Jul-2025
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media multiplatform digital terhadap keterampilan menyajikan hasil karya siswa kelas IV MIS Nurul Iman. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 25 orang, sehingga jumlah sampel yang digunakan adalah total dari populasi, yaitu sebanyak 25 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-eksperimental desain tipe one group pretest-posttest design. Dalam pelaksanaannya, siswa diberikan pretest terlebih dahulu sebelum perlakuan, kemudian diberi perlakuan berupa penggunaan media multiplatform digital dalam proses pembelajaran, dan selanjutnya diberikan post-test untuk mengetahui peningkatan keterampilan yang dicapai. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas melalui metode expert judgment dan uji statistik menggunakan Paired Sample t-Test. Berdasarkan output dari Paired Sample t-Test, diperoleh nilai signifikansi (sig. 2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara keterampilan menyajikan hasil karya sebelum dan sesudah menggunakan media multiplatform digital. Rata-rata nilai pretest adalah 61, sedangkan rata-rata nilai post-test meningkat menjadi 84. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media multiplatform digital berpengaruh secara positif terhadap peningkatan keterampilan menyajikan hasil karya siswa kelas IV di MIS Nurul Iman.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28245
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
DONE_SKRIPSI_KEMAL.pdfFull Text6.04 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.