Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/28237
Title: | EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL UNTUK MENGURANGI STRES AKADEMIK SISWA KELAS VIII MTs YASPI LABUHAN DELITAHUN AJARAN 2024/2025 |
Authors: | ULFA, SASKIA TIARA |
Keywords: | Konseling individual;stres akademik |
Issue Date: | 7-Jul-2025 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan konseling individual dalam mengurangi stres akademik pada siswa kelas VIII MTs Yaspi Labuhan Deli. Temuan penelitian ini didasarkan pada fenomena meningkatnya tekanan akademik siswa, seperti kecemasan dalam ujian,beban tugas yang banyak dan ekspetasi dari orang tua dan guru yang dampak memengaruhi kesehatan mental dan kinerja belajar mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII 2 siswa dari kelas VIII-A 1 siswa dan Kelas VIII-B 1 siswa yang menunjukan gejala stres akademik. Instrumen penelitian digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif menggunakan model Miles dan Huberman, yang mencakup tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling individual memberikan dampak positif dalam mengurangi gejala stres akademik siswa, baik dari aspek fisik, emosional, perilaku, maupun kognitif. Siswa menjadi lebih terbuka terhadap masalahnya, mampu mengatur waktu belajar dengan lebih baik, serta menunjukkan peningkatan motivasi dan ketenangan saat menghadapi tugas sekolah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa layanan konseling individual efektif dalam membantu siswa mengatasi stres akademik. |
URI: | http://localhost:8080/handle/123456789/28237 |
Appears in Collections: | Guidance and Counseling |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI SASKIA TIARA ULFA (1).pdf | Full Text | 4.04 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.