Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/28233
Title: | PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR BACA TULIS AL-QURAN TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS BACA PADA AL-QURAN DI MTSN 1 PADANG LAWAS UTARA |
Authors: | KHALIK, NORMAN |
Keywords: | Bimbingan Belajar;Baca Tulis Al-Qur’an |
Issue Date: | 4-Aug-2025 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan serta melihat seberapa besar pengaruh Bimbingan Belajar Baca Tulis Al-Qur’an Terhadap Peningkatan Kualitas Baca Al-Qur’an di MTsN 1 Padang Lawas Utara. Bimbingan baca tulis Al-Qur’an merupakan bagian penting dalam Pendidikan agama islam. Keterampilan membaca dan menulis Al-Qur’an tidak hanya penting untuk memahai teks suci, tetapi juga untuk membentuk karakter dan akhlak yang baik. Pembelajaran baca Al-Qur’an adalah pembelajaran yang sangat penting bagi seluruh umat islam, karena membaca Al-Qur’an adalah gerbang menuju pengetahuan islamiah seperti akidah, ibadah, akhlak dan sebagainya. Bimbingan belajar baca tulis Al-Qur’an diharapkan dapat menjadi Solusi untuk meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an. Dengan adanya pembelajaran yang terarah dan sistematis, diharapkan peserta didik mampu membaca Al-Qur’an dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif, dengan melakukan Teknik pengumpulan data berupa data primer dan data sekunder. Berdasarkan penelitian peneliti menarik Kesimpulan bahwa pengaruh bimbingan belajar baca tulis Al-Qur’an mencapai angka 31,3%. Angkat tersebut sudah sangat cukup signifikan dan positif terhadap perkembangan kualitas baca Al-Qur’an pada anak. Sistem pembelajaran yang digunakan dengan dibantu adanya perancangan terhadap model bimbingan belajar menjadi salah satu peran yang berpengaruh terhadap peningkatan kualitasa belajar bimbingan belajar baca tulis Al Qur’an. |
URI: | http://localhost:8080/handle/123456789/28233 |
Appears in Collections: | Islamic Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
norman khalik.pdf | Full Text | 4.01 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.