Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28225
Title: PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 064964 SIDODAME
Authors: ANDRIANI, WINDI
Keywords: Model Think Pair Share;Keterampilan Berpikir Kritis
Issue Date: 22-Jun-2025
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini bertujan untuk mengetahui pengaruh model think pair share terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Transformasi Energi di Kelas IV SD Negeri 064964 Sidodame. Metode quasi eksperimental dengan pretest-posttest control group design. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Populasi dimana kelas IV A sebagai Kelompok Eksperimen terdapat 15 siswa yang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 8 orang perempuan dan pada kelas IV B sebagai Kelompok Kontrol terdapat 16 orang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Teknik pengumpulan data melalui tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 064964 Sidodame. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan Uji “t”. Berdasarkan analisis data dengan hasil perhitungan menggunakan Uji “t”, dilihat dari hasil Uji Hipotesis . Berdasarkan perhitungan maka nilai t yang dihasilkan pada uji paired sampel t-test adalah -9,255 dengan nilai signifikan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Dengan demikian nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Think Pair Share terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Kelas IV SD Negeri 064964 Sidodame.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28225
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
WINDI ANDRIANI_SKRIPSI.pdfFull Text8.85 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.