Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28219
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHutapea, Dian Angelina-
dc.date.accessioned2025-08-05T02:35:09Z-
dc.date.available2025-08-05T02:35:09Z-
dc.date.issued2025-06-17-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28219-
dc.description.abstractKemampuan membaca siswa kelas II di SDN 060901 masih rendah, disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang menarik dan kurangnya variasi dalam penggunaan media. Hal ini mengakibatkan siswa kesulitan dalam memahami materi membaca, yang berdampak pada prestasi akademik mereka. **Tujuan:** Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran koperatif tipe scramble berbantuan media flash card terhadap kemampuan membaca siswa kelas II SDN 060901. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, masing-masing berjumlah 25 siswa. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan membaca dan dianalisis menggunakan uji t untuk membandingkan hasil antara dua kelompok. Kemampuan membaca siswa di kelas kontrol terlihat dari nilai rata-rata yaitu 66,64 dengan jumlah siswa yang hanya 10 siswa yang memenuhi standart nilai dan 15 orang yang belum memenuhi standart nilai. Dengan nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa pada Kemampuan membaca siswa dikelas kontrol tanpa menggunakan media Flash Card masih belum memenuhi pembelajaran yang efektif dan efisien. Kemampuan membaca siswa dikelas eksperimen dengan menggunakan media Flash Card mengalami perubahan terlihat dari nilai rata- rata 88,88 dengan jumlah siswa sebanyak 25 yang sudah memenuhi standart nilai. Dengan nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa pada Kemampuan membaca siswa sudah meningkat dan proses belajar siswa lebih baik dan efektif. Terdapat pengaruh media Flash Card terhadap Kemampuan membaca siswa. Hal ini dapat diperoleh berdasarkan nilai signifikan yaitu 2 tailed 0,000 kurang dari 0,05, maka ha diterima dan h0 ditolak. Artinya, pengaruh model pembelajaran scramble berbentuan media Flash Card berpengaruh terhadap Kemampuan membaca siswa kelas II SD Negeri 060901 Poloniaen_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Koperatifen_US
dc.subjectTipe Scrambleen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS 2 SDN 060901en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Dian Angelina Hutapea.pdfFull Text6.36 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.