Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/28218
Title: | PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOX PAPAN BILANGAN RODA PUTAR UANG PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI NILAI TEMPAT DAN OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN BILANGAN CACAH DI KELAS III SD MUHAMMADIYAH 12 MEDAN TP. 2024 / 2025 |
Authors: | NURHASANAH, DINDA |
Keywords: | Pengembangan Media Ajar;Media Box Papan Bilangan |
Issue Date: | 23-Jun-2025 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan diantaranya yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mengetahui tahapan-tahapan pengembangan media pembelajaran box papan bilangan roda putar uang dalam pembelajaran matematika di kelas III SD Muhammadiyah 12 Medan. (2) mengetahui tingkat kevalidan media. (3) mengetahui tingkat kepraktisan pengembangan media. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran box papan bilangan roda putar uang untuk sekolah dasar terkhusus kepada siswa kelas III. Berdasarkan hasil kevalidan terhadap media pembelajaran, untuk ahli materi memperoleh hasil persentase yaitu 94,5%, untuk ahli media memperoleh hasil persentase yaitu 95,7%, dan untuk ahli bahasa memperoleh hasil persentase 97,7%, yang artinya media pembelajaran berkriteria sangat valid atau sangat layak. Hasil kepraktisan terhadap media pembelajaran untuk respon guru diperoleh 95,7% dan untuk respon siswa diperoleh 97,6% yang artinya media pembelajaran berkriteria sangat praktis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran box papan bilangan roda putar uang dinyatakan sangat valid dan sangat praktis. |
URI: | http://localhost:8080/handle/123456789/28218 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skripsi Dinda Selesai .pdf | Full Text | 9.03 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.