Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/28183
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | HARAHAP, AULIA RAHMAN HABIBI | - |
dc.date.accessioned | 2025-07-21T03:00:49Z | - |
dc.date.available | 2025-07-21T03:00:49Z | - |
dc.date.issued | 2025-07-13 | - |
dc.identifier.uri | http://localhost:8080/handle/123456789/28183 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media Cobertung (Corong Berhitung) berpengaruh terhadap kemampuan numerasi siswa kelas IV di SDN 104230 Batang Kuis. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya penguasaan siswa terhadap konsep perkalian, serta kurangnya penggunaan media konkret yang dapat membantu siswa berpikir numerik secara aktif dan bermakna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen, model Nonequivalent Control Group Design. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IV-C (22 siswa) sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV-B (21 siswa) sebagai kelompok kontrol. Data diperoleh melalui soal isian yang dirancang berdasarkan indikator kemampuan numerasi, seperti penggunaan simbol bilangan, penalaran matematika, dan ketepatan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan media Cobertung memperoleh peningkatan skor rata-rata dari 49 (kategori standar) menjadi 74 (kategori tinggi), lebih tinggi secara signifikan dibandingkan kelompok tanpa media yang hanya naik dari 42 (kategori standar) menjadi 59 (kategori standar). Uji independen t sample t-test menghasilkan signifikansi 0,042 (< 0,05), yang menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Temuan ini mendukung teori Piaget yang menyatakan bahwa anak usia sekolah dasar berada pada tahap operasional konkret dan membutuhkan media nyata dalam belajar. Dengan demikian, media Cobertung direkomendasikan sebagai alternatif pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa sekolah dasar. | en_US |
dc.publisher | umsu | en_US |
dc.subject | Cobertung | en_US |
dc.subject | media pembelajaran | en_US |
dc.title | PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PERKALIAN COBERTUNG (CORONG BERHITUNG) TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS IV SDN 104230 BATANG KUIS | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI_AULIA R. H. HARAHAP_PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PERKALIAN COBERTUNG (CORONG BERHITUNG) TERHADAP.pdf | Full Text | 7.16 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.