Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28178
Title: PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN PAPARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP POLA PENGELUARAN PRODUK SKINCARE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA
Authors: DISLAN, DHINDA HAFIZHAH
Keywords: Literasi Keuangan;Paparan Media Sosial
Issue Date: 13-Jun-2025
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan dan paparan media sosial terhadap pola pengeluaran produk skincare di kalangan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Latar belakang penelitian didasarkan pada fenomena meningkatnya konsumsi produk skincare di kalangan mahasiswa, meskipun mereka memiliki keterbatasan finansial. Dua faktor utama yang diduga memengaruhi perilaku tersebut adalah tingkat literasi keuangan dan intensitas paparan terhadap konten di media sosial.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif. Data primer dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada mahasiswa aktif yang memenuhi kriteria sebagai pengguna media sosial dan pembeli produk skincare. Sampel ditentukan secara purposive dengan ukuran yang didasarkan pada jumlah indikator penelitian. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi, serta uji validitas dan reliabilitas instrumen.Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap pola pengeluaran mahasiswa, di mana mahasiswa dengan tingkat literasi yang tinggi cenderung memiliki kontrol pengeluaran yang lebih baik. Paparan media sosial juga terbukti berpengaruh positif terhadap peningkatan pengeluaran produk skincare, terutama karena dorongan tren dan pengaruh influencer. Secara simultan, kedua variabel tersebut memiliki pengaruh signifikan terhadap pola pengeluaran mahasiswa dalam konteks konsumsi produk skincare.Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis bagi pengembangan ilmu manajemen keuangan konsumen serta manfaat praktis bagi mahasiswa dalam meningkatkan kesadaran finansial dan sikap konsumtif yang bijak. Hasil penelitian ini juga dapat menjadi referensi bagi institusi pendidikan dalam merancang program literasi keuangan yang relevan di era digital.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28178
Appears in Collections:Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TUGAS AKHIR DINDA LENGKAP.pdfFull Text4.79 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.