Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28174
Title: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA HOTEL DANAU TOBA INTERNASIONAL MEDAN
Authors: PRATAMA, MUHAMMAD RIZKI RYAN
Keywords: Kualitas Pelayanan;Harga
Issue Date: 26-Jun-2025
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas konsumen, dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening pada Hotel Danau Toba Internasional Medan. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei terhadap 100 responden yang merupakan konsumen hotel. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas dan kepuasan konsumen. Harga tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas maupun kepuasan secara langsung, namun memiliki pengaruh tidak langsung terhadap loyalitas melalui kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen terbukti berpengaruh signifikan terhadap loyalitas, namun tidak mampu memediasi hubungan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas secara signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa loyalitas pelanggan lebih ditentukan oleh persepsi terhadap pelayanan daripada harga. Oleh karena itu, manajemen hotel disarankan untuk fokus pada peningkatan mutu pelayanan demi mempertahankan loyalitas pelanggan.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28174
Appears in Collections:Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MUHAMMAD RIZKI RYAN PRATAMA.pdfFull Text3.87 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.