Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28162
Title: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENGUATAN BUDAYA SEKOLAH SMP PANCA BUDI MEDAN
Authors: LUBIS, ARIVIA RAIHANAH
Keywords: Pendidikan Agama Islam;Budaya Sekolah
Issue Date: 25-Jun-2025
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui budaya sekolah di SMP Panca Budi Medan yang diwujudkan dalam tiga bentuk utama: kegiatan rutin, kegiatan spontan, serta keteladanan dan pengkondisian oleh guru. Kegiatan rutin yang dilakukan meliputi murojaah Al- Qur‟an Juz 30 sebelum pembelajaran, pelaksanaan shalat dhuha dan dzuhur berjamaah, budaya infaq setiap Jumat, serta penerapan budaya bersih dan sehat. Seluruh kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai religius, kedisiplinan, empati, serta tanggung jawab sosial dan kesehatan pada siswa. Di sisi lain, kegiatan spontan seperti mengingatkan teman untuk shalat, menunjukkan empati terhadap sesama, serta membantu teman tanpa diminta menjadi indikator keberhasilan internalisasi nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari siswa. Keteladanan guru dalam menjaga waktu shalat serta sikap akhlak mulia dalam berinteraksi dengan siswa turut membentuk iklim religius yang kondusif di lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan budaya sekolah sebagai sarana implementasi PAI secara signifikan mampu membentuk karakter siswa yang religius, berakhlak mulia, serta memiliki kepedulian sosial yang tinggi. Dengan demikian, budaya sekolah yang berbasis nilai-nilai Islam menjadi strategi efektif dalam mendukung pencapaian tujuan pendidikan Islam di lingkungan pendidikan formal.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28162
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FINAL SKRIPSI ARIVIA RAIHANAH LUBIS (2101020087) OK.pdfFull Text3.48 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.