Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28157
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorWANDA, NADIRA PUTRI-
dc.date.accessioned2025-07-10T02:53:17Z-
dc.date.available2025-07-10T02:53:17Z-
dc.date.issued2025-05-27-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28157-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perbedaan skor dalam peningkatan kemampuan perkembangan siswa terkait kematangan karir pada kelompok eksperimen, sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa Layanan Bimbingan Klasikal dengan Model pembelajaran Problem Based Learning. Maupun pada kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan bimbingan klasikal tanpa diberikan perlakuan. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 di SMA Muhammadiyah 01 Medan. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket untuk mengukur tingkat kematangan karir siswa. Analisi data dilakukan dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks untuk mengukur perbedaan sebelum dan sesudah perlakuan dalam masing-masing kelompok. Serta uji Kolmogrov Smirnov 2 Independent Sampels untuk membandingkan hasil antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan yang signifikan dalam tingkat kematangan karir siswa pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan Layanan Bimbingan Klasikal dengan PBL. 2) terdapat perubahan dalam perkembangan kematangan karir pada kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan Layanan Bimbingan Klasikal tanpa penerapan model PBL. 3) terdapat perbedaan yan g signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam hal perkembangan kematangan karir siswa setelah diberikan Layanan Bimbingan Klasikal. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan Layanan Bimbingan Klasikal berbasis Problem Based Learning (PBL) efektif dan berjalan dengan baik dalam meningkatkan kematangan karir siswa.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectLayanan Bimbingan Klasikalen_US
dc.subjectPerkembangan Kematangan Kariren_US
dc.titleEFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR PADA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 01 MEDAN TAHUN AJARAN 2024/2025en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_NADIRA PUTRI WANDA NPM. 2102080012.pdfFull Text5.93 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.