Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28147
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMAULIDIA, SITI MAWADDAH-
dc.date.accessioned2025-07-07T03:47:25Z-
dc.date.available2025-07-07T03:47:25Z-
dc.date.issued2025-05-27-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28147-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model CORE (connecting, organizing, reflecting, extending) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran IPAS di kelas V SDN 104267 Pegajahan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deksriptif. Pada pengambilan sampel peneliti mengambil dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan siswa yang berjumlah 29 siswa dengan menggunakan model CORE dan kelas kontrol dengan siswa yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian dilakukan melalui lembar observasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada kelas kontrol menunjukan peningkatan dari nilai pretest sebesar 49,6 menjadi 70,8 pada postest, namun hanya 44% siswa mencapai ketuntasan, menandakan bahwa model pembelajaran konvesional belum maksimal pada kemampuan berpikir kritis siswa. Kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan signifikan setelah diterapkan model CORE, dari nilai rata-rata pretest 46,90 menjadi 80 pada postest, dengan tingkat ketuntasan mencapai 75,87%, Hal ini menunjukkan bahwa model CORE efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan Uji T (Independent-samples T test) menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pelajaran IPAS di Kelas V SDN 104267 Pegajahan.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectModel CORE (Connectingen_US
dc.subjectOrganizing,en_US
dc.titlePENGARUH MODEL CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SDN 104267 PEGAJAHANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_Siti Mawaddah Maulidia (1).pdfFull Text6.67 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.