Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28114
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSIMANJUNTAK, NANI HARTATI-
dc.date.accessioned2025-07-02T04:52:23Z-
dc.date.available2025-07-02T04:52:23Z-
dc.date.issued2023-09-13-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28114-
dc.description.abstractPokok masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini, yaitu; Pertama, Bagaimana Konsep Pendidikan Islam menurut Perspektif Tan Malaka. Kedua, Bagaimana hakikat dan tujuan pendidikan islam menurut Tan Malaka. Ketiga, Bagaimana Konsep modernisasi pendidikan islam menurut perspektif Tan Malaka. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat Deskriptif . Penelitian yang dilakukan adalah penelitian Studi Pustaka dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Deskriptif kualitatif yaitu suatu prosedur penelitian yang menggunakan data deskriptif berupa kata-kata tertulis Kualitatif berarti sesuatu yang berkaitan dengan aspek kualitas, nilai atau makna yang terdapat dibalik fakta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Islam Perspektif Tan Malaka Ialah (1) Pendidikan yang yang lebih ditekankan pada penghambaan seseorang kepada Tuhannya, Tan malaka berupaya membebaskan manusia dari kesengsara- an, ketertindasan, dan ketidaktahuan, menjadikan hidup lebih bermanfaat bagi diri sendiri dan sekitarnya, tidak ada lagi kasta dan pembeda kelas-kelas. (2) Relevansi pendidikan Tan Malaka dengan sistem pendidikan Islam di Indonesia yaitu pendidikan harus disesuaikan dengan kebutuhan rakyat, karena pondasi terbesar dalam pendidikan Islam adalah internalisasi keimanan yang dilakukan oleh pendidik terhadap peserta didik dengan melalui pengetahuan ilmu duniawi seperti ilmu teknik, ilmu bahasa, ilmu kemasyarakatan agar kehidupan seseorang bisa menjadi kaya sebagai modal dalam kehidupan bermasyarakat dan beragama. (3) Praktek pendidikan Tan Malaka bisa disebut sebagai pedagogik transformatif, yaitu proses memanusiakan manusia untuk dapat membentuk masyarakat baru dan pengetahuan baru yang diciptakan oleh keterlibatan mereka sendiri.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectPendidikan Islamen_US
dc.subjectTan Malakaen_US
dc.titlePENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN TAN MALAKAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NANI SIMANJUNTAK (Revisi Pasca Sidang).pdfFull Text2.95 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.