Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28110
Title: PENGARUH MEDIA POSTER TERHADAP KETERAMPILAN PROSES PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SISWA SD MUHAMMADIYAH 13 MEDAN
Authors: LUBIS, CINTA ANDINI
Keywords: Media Poster;Keterampilan Proses IPAS
Issue Date: 27-May-2025
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini dilakukan atas adanya permasalahan siswa dalam proses belajar mengajar dan juga kurangnya penggunaan media pembelajaran yang digunakan oleh guru sehingga mengakibatkan kurangnya perolehan keterampilan proses dalam pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh media poster terhadap keterampilan proses IPA siswa kelas IV SD Muhammadiyah 13 Medan. Dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan data menggunakan lembar observasi. Teknis analisis data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas expert dan uji hipotesis (uji t). Adapun hasil nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan media poster 53,10 dengan nilai tertinggi 61 dan nilai terendah 43. Sedangkan hasil nilai rata-rata siswa sesudah penggunaan media poster 86,10 dengan nilai tertinggi 92 dan nilai terendah 68. Data hasil pengujian uji-t yang telah peneliti lakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran poster sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Berdasarkan pengujiannya diketahui bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,00 x 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima (Ha diterima dan Ho ditolak). Artinya setelah menggunakan media pembelajaran poster terjadi sebuah pengaruh terhadap keterampilan proses IPAS siswa kelas IV SD Muhammadiyah 13 Medan.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28110
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI CINTA ANDINI LUBIS.pdfFull Text6.73 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.