Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/28100
Title: | PENGARUH METODE PEMBELAJARAN JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PADA SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 13 MEDAN |
Authors: | RISKI, WAHYU |
Keywords: | Metode Pembelajaran;Jaritmatika |
Issue Date: | 27-May-2025 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Skripsi ini membahas tentang pengaruh metode pembelajaran jaritmatika terhadap kemampuan berhitung pada siswa kelas III SD Muhammadiyah 13 Medan, Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh penggunaan metode Jarimatika terhadap kemampuan berhitung perkalian peserta didik kelas III SD Muhammadiyah 13 Medan. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif, yang merupakan metode penelitian yang berfokus pada data numerik.Dalam penelitian ini, populasi mencakup semua siswa kelas III di SD Muhammadiyah 13 Medan yang terbagi ke dalam dua kelas, yaitu kelas IIIA dengan jumlah 13 siswa dan kelas IIIB yang terdiri dari 17 siswa, sehingga totalnya adalah 30 siswa. Sampel ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas IIIA sebagai kelompok eksperimen, dan kelas IIIB sebagai kelompok kontrol, Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas dan realibitas, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada uji t diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 nilai signifikasi < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, maka terdapat pengaruh variabel bebas terhadap variabl terikat. Yang mana terdapat pengaruh pembelajaran jaritmatika terhadap kemampuan berhitung siswa kelas III SD Muhammadiyah Medan, terkhusus pada posttest kelas III A (Kelas eksperimen) nilai rata-rata mencapai 88,47 dimana pada saat pretest 46,92. |
URI: | http://localhost:8080/handle/123456789/28100 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skripsi, Wahyu Riski.pdf | Full Text | 9.5 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.