Abstract:
Penelitian ini dibuat karena kurangnya kepuasan nasabah dalam promosi,
pelayanan dan kualitas produk di PT. Pegadaian Syariah Cabang AR. Hakim Medan.
Rumusan masalahnya adalah apakah promosi, pelayanan dan kualitas produk
berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
apakah promosi, pelayanan dan kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan
nasabah PT. Pegadaian Syariah Cabang AR. Hakim Medan. Dalam penelitian ini teknik
dan alat pengumpulan data yang digunakan yaitu menyebarkan kuesioner dan analisis
yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif, metode analisis yang digunakan
adalah metode analisis regresi linear berganda.
Uji statistik yang digunakan adalah uji validitas dan realibilitas, Uji asumsi
klasik, uji T,uji F, dan uji koefisien detreminasi R2 dan uji model dengan bantuan SPSS
versi 16,0. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa promosi -1,431 < t
tabel 2.028 secara persial tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah sedangkan
pelayanan 2,208 > t tabel 2.028 dan kualitas produk 3.063 > t tabel 2.028 maka secara
persial berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Dari hasil uji F promosi, pelayanan
dan kualitas produk secara bersama-sama berpengaruh signifikan dengan nilai 5,953
terhadap kepuasan nasabah dengan koefisien determinasi sebesar 66,8%.