Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/28099
Title: | PENGARUH MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 21 MEDAN |
Authors: | DILLA, NUR |
Keywords: | Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC);keterampilan membaca pemahaman |
Issue Date: | 17-Apr-2025 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan di kelas, siswa masih belum bisa fokus dalam proses pembelajaran di kelas dan juga guru kurang dalam menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Muhammadiyah 21 Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan rancangan kelompok one grup pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah 21 Medan yang berjumlah 15 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV yang berjumlah 15 siswa. Instrument dalam penelitian ini menggunakan soal tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition pada pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Muhammadiyah 21 Medan berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa, karena hasil uji t (independent t-test) diperoleh signifikansi sebesar 0,000 yang mana 0,000 < 0,05. Hal ini menyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Dari pengujian dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Integrated Reading and Composition berpengaruh signifikan terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Muhammadiyah 21 Medan. |
URI: | http://localhost:8080/handle/123456789/28099 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI NURDILLA.pdf | Full Text | 6.19 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.