Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28098
Title: EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI GAME SMART DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA AKUNTANSI KELAS X AK SMK YPK MEDAN
Authors: PARIS, MUHAMMAD DOLI AL
Keywords: Media Pembelajaran;Monopoli Game Smart Hasil Belajar Siswa
Issue Date: 17-Jun-2025
Publisher: umsu
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran Monopoli game smart efektif dalam peningkatan hasil belajar siswa Kelas X SMK YPK Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain quasi-experiment (eksperimen semu). Pendekatan ini dipilih untuk menguji efektivitas penggunaan media pembelajaran Monopoly Game Smart dalam meningkatkan hasil belajar siswa Akuntansi kelas X AK di SMK YPK Medan. Penelitian ini ,menggunakan 20 orang sampel penelitian dengan cara membandingkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan Monopoly Game Smart dalam pembelajaran dengan sampel 10 orang dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional dengan mengunakan 10 orang pada kelas yang sama yaitu kelas X AKL-1. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata siswa yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran Monopoli game smart lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan media pembelajaran Monopoli game smart yaitu 71,83 banding 78,23. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebelum diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran Monopoli game smart adalah 80. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa setelah diajarkan dengan media pembelajaran Monopoli game smart adalah 90. Dari uji t dapat disimpulkan bahwapenggunaan media pembelajaran Monopoli game smart efektif dalam peningkatan hasil belajar Akuntansi siswa SMK YPK Medan Tahun Pelajaran 2025/2025. Hal ini terlihat dari nilai Post Test yang lebih besar dibandingkan nilai Pre Test sebelum menggunakan media pembelajaran Monopoli game smart.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28098
Appears in Collections:Accounting Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MUHAMMAD DOLI ALPARIS 01-1902070020.pdfFull Text1.69 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.