Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28083
Title: MODEL KOMUNIKASI INTERAKTIF GURU PADA PEMBELAJARAN MATERI PENCIPTAAN MANUSIA PADA SISWA MTs FAJRUL IMAN PATUMBAK
Authors: BANCIN, MHD ADLY
Keywords: Komunikasi Interaktif;Guru
Issue Date: 14-Apr-2025
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Komunikasi interaktif guru dan siswa dalam proses pembelajaran, Komunikasi interaktif yang efektif diantara guru dan siswa, Faktor-faktor penghambat komunikasi interaktif guru dan siswa di MTs Fajrul Iman Patumbak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenalogi, yakni mengungkapkan fenomena yang ada dilapangan penelitian. Selain itu, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung. Adapun hasil penelitian yang dilakukan di MTs Fajrul Iman Patumbak menunjukan bahwa Komunikasi interaktif guru dan siswa dalam proses pembelajaran sudah bagus hal ini dapat dilihat bahwa komunikasi interaktif yang baik, senantiasa dipenuhi kedekatan dan keakraban antara guru dan siswa MTs Fajrul Iman Patumbak.ketika berkomunikasi yang mendorong siswanya menjadi siswa yang aktif, berkomitmen dan minat dalam pembelajaran. Dan tanda-tanda komunikasi interaktif yang efektif yang dimiliki guru, yaitu: Dapat menimbulkan pengertian, kesenangan, Perubahan pada sikap, Hubungan yang makin baik, Dan menimbulkan tindakan. Dan faktor penghambat komunikas interpersonal, diantaranya keadaan psikologi komunikan, pesan bersifat satu arah, dan penyajian pesan yang verbalistik, dan sebagainya.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28083
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Mhd Adly Bancin.pdfFull Text2.05 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.