Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28079
Title: STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN CITRA PT SANOBAR GUNAJAYA DI KOTA MEDAN
Authors: FAHREZA, MUHAMMAD GABRIEL
Keywords: Citra perusahaan;Pemasaran digital
Issue Date: 17-Apr-2025
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi serta efektivitas komunikasi pemasaran PT Sanobar Gunajaya dalam meningkatkan citra perusahaan sebagai distributor resmi sabun Pyary di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk memperoleh teknik analisis data yang mendalam mengenai strategi pemasaran yang diterapkan perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Sanobar Gunajaya menerapkan strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial, WhatsApp Business, serta marketplace guna meningkatkan interaksi dengan pelanggan dan reseller. Perusahaan juga menyediakan materi promosi digital serta edukasi produk untuk mendukung mitra bisnisnya. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan brand awareness, loyalitas pelanggan, serta kepercayaan terhadap perusahaan.Selain itu, keberhasilan strategi komunikasi pemasaran perusahaan didukung oleh responsivitas layanan pelanggan, transparansi harga, serta kemudahan akses informasi produk yang dinilai positif oleh pelanggan tetap. Namun, tantangan yang dihadapi meliputi persaingan dengan distributor lain serta rendahnya brand awareness terhadap nama perusahaan dibandingkan dengan produk yang dipasarkannya. Secara keseluruhan, strategi komunikasi pemasaran PT Sanobar Gunajaya sudah efektif, tetapi masih perlu penguatan identitas perusahaan agar lebih dikenal di pasar.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28079
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MUHAMMAD GABRIEL FAHREZA.pdfFull Text5.2 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.