Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28035
Title: PENGARUH MEDIA AUTOGRAPH TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS IV MI TERPADU MUHAMMAD FAHRI
Authors: SARI, AMYLIA PUSPITA
Keywords: Keterampilan Komunikasi;Autograph,
Issue Date: 23-Apr-2025
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media Autograph terhadap keterampilan komunikasi matematika siswa kelas IV MI Terpadu Muhammad Fahri. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest posttest control gorup design. Instrumen penelitian menggunakan tes keterampilan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan hasil analisis data sesudah diberikan perlakuan diperoleh hasil bahwa keterampilan komunikasi matematis siswa kelas IV MI Terpadu Muhammad Fahri sebelum menggunakan media autograph pada kelas eksperimen dan kelas kontrol siswa pada kategori rendah 9 siswa, kategori sedang pada kelas eksperimen sebanyak 14 siswa dan pada kelas kontrol sebanyak 18 siswa, kategori tinggi pada kelas eksperimen sebanyak 9 siswa dan pada kelas kontrol sebanyak 8 siswa. Keterampilan komunikasi matematis siswa kelas IV MI Terpadu Muhammad Fahri setelah menggunakan media autograph diperoleh rata-rata dan standar deviasi pada kelas eksperimen dengan kelompok KAM tinggi sebesar 86,88 dan 5,44, serta 85,62 dan 5,34 untuk kelas kontrol. Untuk rata-rata dan standar deviasi dengan kelompok KAM sedang sebesar 83,78 dan 6,07 pada kelas eksperimen, serta 73,76 dan 6,27 pada kelas kontrol. Sedangkan untuk rata-rata dan standar deviasi dengan kelompok KAM rendah sebesar 65,66 dan 6,50 pada kelas eksperimen, serta 67,28 dan 5,31 pada kelas kontrol.Terdapat pengaruh media Autograph terhadap keterampilan komunikasi matematika siswa kelas IV MI Terpadu Muhammad Fahri dengan nilai sig. (2-tailed) adalah 0,039, nilai tersebut berarti lebih kecil dari 0,05 (0,039 < 0,05), selanjutnya diperoleh nilai thitung sebesar 2,111, selanjutnya diperoleh nilai ttabel sebesar 1,998. Hal ini berarti nilai thitung ≥ ttabel (2,111 ≥ 1,998). Hal ini berarti cukup bukti untuk menolak Ho.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28035
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI AMYLIA PUSPITA SARI.pdfFull Text1.95 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.