Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/28014
Title: | PENERAPAN MEDIA PAPAN PAKU UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS III SANGGAR BIMBINGAN MUHAMMADIYAH KEPONG MALAYSIA |
Authors: | TANIA, DELA PUTRI |
Keywords: | Nail board media Student learning activity Flat shapes |
Issue Date: | 23-Apr-2025 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Hasil wawancara mengungkap bahwa rendahnya partisipasi belajar siswa kelas III disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran yang kurang menarik menyebabkan siswa cepat merasa bosan dan kurang terlibat dalam proses pembelajaran terutama materi bangun datar. Minimnya variasi media pembelajaran membuat siswa kesulitan memahami konsep secara mendalam, yang berdampak pada rendahnya keaktifan mereka dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengevaluasi seberapa efektif penggunaan media papan paku dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran dikelas III pada materi bangun datar. Sampel penelitian terdiri dari 10 siswa, dengan metode yang digunakan berupa Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan pada 2 siklus, yang masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, aplikasi, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui wawancara serta tes untuk mengukur tingkat keaktifan siswa sebelum dan setelah penggunaan media papan paku. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa penggunaan media papan paku dalam pembelajaran materi bangun datar secara signifikan menaikkan keterlibatan belajar peserta didik. Persentase keaktifan siswa meningkat dari 65% pada siklus pertama menjadi 87,5% pada siklus ke 2. menggunakan demikian, media papan paku terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa serta membantu mereka memahami konsep bangun datar dengan lebih baik |
URI: | http://localhost:8080/handle/123456789/28014 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
lux dela.pdf | Full Text | 2.79 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.