Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28009
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorANANDA, SYIFA-
dc.date.accessioned2025-06-25T02:22:33Z-
dc.date.available2025-06-25T02:22:33Z-
dc.date.issued2025-04-23-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28009-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media flash card dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar. Membaca permulaan merupakan tahap awal dalam proses belajar membaca, yang sangat penting untuk membangun dasar literasi anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas I di salah satu sekolah dasar di [nama lokasi]. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flash card secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada setiap siklus. Media flash card terbukti efektif karena bersifat menarik, interaktif, dan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan demikian, penggunaan media flash card dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang menyenangkan dan efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, penulis dapat menyimpulkan bahwa penggunaan Flashcard dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di SD Muhammadiyah 01 Medan ,dengan hasil berkembang sesuai harapan hingga mencapai 1 2 70,87% dari 23 peserta didik. Hal ini terlihat dari perkembangan mengenal huruf setiap kata yang tertera didalam Flash card.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectmedia pembelajaranen_US
dc.subjectflash carden_US
dc.titlePENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA DIKELAS II SD MUHAMMADIYAH 01 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
REVISI SIDANG_SYIFA ANANDA.pdfFull Text5.73 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.