Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28004
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRATIH INDAH SARI, SASMITA-
dc.date.accessioned2025-06-24T12:25:46Z-
dc.date.available2025-06-24T12:25:46Z-
dc.date.issued2025-04-17-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28004-
dc.description.abstractPerkembangan teknologi komunikasi telah mempermudah akses terhadap film sebagai media komunikasi massa yang tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga sebagai sarana penyampaian pesan sosial. Salah satu isu yang sering muncul dalam film adalah paternalistik, yaitu pola hubungan dalam keluarga yang menempatkan ayah atau laki-laki sebagai figur dominan dalam pengambilan keputusan. Film Skandal Makers karya Jeihan dan Dua Hati Biru karya Gina menggambarkan bagaimana paternalistik beroperasi dalam dinamika keluarga di Indonesia, yang masih mengandung budaya patriarki. Penelitian ini menggunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce untuk mengidentifikasi tanda, ikon, indeks, dan simbol dalam kedua film yang menggambarkan paternalistik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif terhadap adegan-adegan yang relevan. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi terhadap kedua film. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa paternalistik dalam kedua film ini ditampilkan dalam tiga aspek utama, yaitu otoritarianisme (kontrol dan dominasi ayah terhadap anak), benevolent (kebebasan yang diberikan ayah dengan pengawasan), dan moralitas (perlindungan dan tanggung jawab terhadap keluarga). Penelitian ini mengungkap bahwa film memiliki peran penting dalam membentuk pandangan masyarakat tentang paternalistik. Representasi paternalistik dalam film dapat mempengaruhi pemaknaan sosial terhadap peran ayah dan dinamika kekuasaan dalam keluarga. Dengan demikian, film tidak hanya sebagai media hiburan, tetapi juga sebagai refleksi budaya yang dapat memengaruhi pola pikir dan persepsi sosial masyarakat Indonesia terhadap relasi keluarga dan peran gender.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectFilmen_US
dc.subjectPaternalistiken_US
dc.subjectSemiotika Charles Sander Peirceen_US
dc.titleREPRESENTASI MAKNA PATERNALISTIK FILM SKANDAL MAKERS KARYA JEIHAN DAN FILM DUA HATI BIRU KARYA GINAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TUGAS AKHIR RATIH INDAH SARI SASMITA.pdfFull text3.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.