Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28003
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorCITRA ELMALIA, SHANDRA-
dc.date.accessioned2025-06-24T12:20:57Z-
dc.date.available2025-06-24T12:20:57Z-
dc.date.issued2025-04-17-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28003-
dc.description.abstractPilkada sebagai salah bentuk proses demokrasi langsung di Indonesia yang membutuhkan berbagai saluran untuk menyampaikan informasi pesan-pesan politik kepada masyarakat melalui media penyiaran, seperti televisi dan radio. Iklan Pilkada memiliki peran penting dalam mempengaruhi pandangan pemilih dan mengarahkan dukungan politik, namun sering kali iklan-iklan politik melanggar aturan yang telah ditetapkan, seperti menyebarkan informasi yang tidak benar, mengandung ujaran kebencian, atau tidak memenuhi standar etika dan aturan yang diterapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Sumatera Utara dalam mengawasi pelanggaran iklan Pilkada 2024. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah komunikasi persuasif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dan teknik analisis data deskriptif kualitatif oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah komunikasi persuasif yang diterapkan oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Sumatera Utara dalam mengawasi pelanggaran iklan Pilkada 2024 terbukti efektif. Pendekatan berbasis regulasi yang dikombinasikan dengan komunikasi verbal dan nonverbal mampu mendorong Lembaga Penyiaran untuk lebih patuh terhadap aturan yang telah ditetapkan, dan melalui koordinasi dengan berbagai pihak pemantauan intensif, serta penerapan regulasi yang tegas KPID Sumatera Utara berhasil memastikan bahwa Lembaga Penyiaran mematuhi aturan kampanye yang telah ditetapkan.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectKomunikasi Persuasifen_US
dc.subjectIklan Pilkadaen_US
dc.titleEFEKTIVITAS KOMUNIKASI PERSUASIF KOMISI PENYIARAN INDONESIA DAERAH SUMATERA UTARA DALAM MENGAWASI PELANGGARAN IKLAN PILKADA 2024en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI CITRA ELMALIA SHANDRA.pdfFull text14.97 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.