Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27998
Title: PENERAPAN TEORI KEBUTUHAN HUBUNGAN MELALUI MEDIA SOSIAL PADA SISWA SMK SWASTA KESEHATAN GANDA HUSADA TEBING TINGGI
Authors: FAZRI, MUTMAINNAH
Keywords: Teori Kebutuhan Hubungan;Media Sosial;Interaksi sosial
Issue Date: 17-Apr-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penggunaan media sosial semakin meningkat di kalangan remaja, termasuk siswa SMK Swasta Kesehatan Ganda Husada Tebing Tinggi. Media sosial tidak hanya digunakan sebagai sarana hiburan, tetapi juga sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan hubungan sosial. Namun, penggunaan media sosial yang tidak terkontrol dapat berdampak pada kebiasaan sehari-hari, interaksi sosial, keamanan digital, serta kepercayaan diri siswa. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk memahami bagaimana media sosial berperan dalam memenuhi kebutuhan hubungan sosial siswa kelas XI Keperawatan di SMK Swasta Kesehatan Ganda Husada Tebing Tinggi. Penelitian ini menggunakan teori kebutuhan hubungan yang menjelaskan bagaimana individu menggunakan komunikasi untuk membangun dan mempertahankan hubungan sosial mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam terhadap empat narasumber yang merupakan siswa kelas XI Keperawatan. Wawancara dilakukan untuk menggali pengalaman mereka dalam menggunakan media sosial serta dampaknya terhadap kehidupan sosial mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial memiliki dampak yang beragam bagi siswa. Dari sisi positif, media sosial membantu mereka dalam menjaga komunikasi dengan teman dan keluarga, memperluas jaringan pertemanan, serta menjadi sumber informasi dan pembelajaran melalui konten edukatif. Namun, di sisi lain, penggunaan media sosial yang berlebihan juga menyebabkan gangguan pola tidur, mengurangi aktivitas fisik, serta meningkatkan risiko terhadap ancaman digital seperti penipuan dan penyalahgunaan akun. Selain itu, interaksi di media sosial juga berpengaruh terhadap kepercayaan diri siswa, di mana komentar positif dapat meningkatkan rasa percaya diri, sementara komentar negatif dapat menimbulkan rasa cemas.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/27998
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TUGAS AKHIR FAZRI MUTMAINNAH (2103110070).pdfFull text4.35 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.