Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27974
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSIHOTANG, TIO HANIF-
dc.date.accessioned2025-06-24T04:17:24Z-
dc.date.available2025-06-24T04:17:24Z-
dc.date.issued2025-04-23-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/27974-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis kincir angin (kincir angin panel surya) dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran IPA. Penelitian dilakukan di Sanggar Bimbingan Kampung Baru, Malaysia, dengan siswa kelas IV sebagai partisipan. Desain pre-test dan post-test digunakan untuk mengukur hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan media. Data dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif dan inferensial, termasuk uji validitas, reliabilitas, normalitas, serta uji t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa, di mana skor post-test lebih tinggi dibandingkan pre test. Uji validitas dan reliabilitas memastikan bahwa instrumen penelitian dapat dipercaya, sedangkan uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Uji t berpasangan lebih lanjut mengonfirmasi bahwa penggunaan kincir angin panel surya memiliki dampak positif yang signifikan terhadap pembelajaran IPA siswa. Dengan demikian, media pembelajaran ini terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa dalam pendidikan IPA.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectketerlibatan siswaen_US
dc.subjectmedia pembelajaran kincir anginen_US
dc.titlePENGARUH MEDIA KIPAS (KINCIR ANGIN PANEL SURYA) TERHADAP AKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV DI SANGGAR BIMBINGAN KAMPUNG BARU MALAYSIAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ARTIKEL_TIO HANIF SIHOTANG_2102090270.pdfFull Text5.62 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.