Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27962
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNST, NAHDAN SYAH ABD RAUF-
dc.date.accessioned2025-06-24T02:35:58Z-
dc.date.available2025-06-24T02:35:58Z-
dc.date.issued2025-04-17-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/27962-
dc.description.abstractPenelitian ini menganalisis iklan layanan masyarakat berjudul “Senyum di Balik Pintu Tertutup” di kanal YouTube TB Indonesia menggunakan pendekatan semiotika Ferdinand de Saussure. Iklan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya tuberkulosis (TBC), pentingnya deteksi dini serta pencegahan dan pengobatan yang tepat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan teknik yang digunakan adalah observasi atau Pengamatan lansung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan ini menyampaikan pesan melalui visual untuk menggugah empati penonton. Pada level penanda, visualisasi seperti pintu tertutup dan senyuman pasien TBC mencerminkan keterbatasan sosial akibat stigma penyakit. Sementara itu, pada level petanda, iklan ini menekankan pentingnya dukungan keluarga dan masyarakat dalam mendukung kesembuhan pasien serta memerangi stigma terhadap penderita TBC. Penelitian ini berkontribusi dalam memahami bagaimana media digital dapat digunakan sebagai alat kampanye kesehatan yang efektif. Selain itu, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pembuat iklan layanan masyarakat dalam menyusun pesan yang lebih persuasif dan berdampak bagi perubahan perilaku masyarakat.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectSemiotikaen_US
dc.subjectFerdinand de Saussureen_US
dc.titleANALISIS SEMIOTIKA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT EDISI “SENYUM DI BALIK PINTU TERTUTUP” CHANNEL YOUTUBE TB INDONESIAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TUGAS AKHIR NAHDAN SYAH ABD RAUF NST.pdfFull Text3.93 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.