Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27961
Title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK TRITCH INFORMATIKA
Authors: SAFITRA, DINDA
Keywords: Model Pembelajaran;Problem Based Learning
Issue Date: 17-Sep-2024
Publisher: umsu
Abstract: Sumatera Utara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X 1 Akuntansi pada mata pelajaran Akuntansi dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning di SMK Tritech Informatika Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitan ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai bulan Agustus 2023 di SMK Tritech Informatika. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas X-AK 1 SMK Informatika yang berjumlah 20 orang siswa. Instrumen penelitian yag dilakukan meliputi hasil belajar siswa dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini merupakan proses pembelajaran akuntansi menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi jurnal umum dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pra tindakan, siklus I dan siklus II. Presentase ketuntasan siswa dari pra tindakan yaitu sebesar 40%, kemudian meningkat di siklus I menjadi 60%, dan mengalami peningkatann kembali pada siklus II menjadi 85%. Dengan ini peningkatan ketuntasan belajar siswa dari pra tibndakan ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 20%, kemudian peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 25%. Dengan ini dapat dinyatakan siswa telah mencapakai kriteria indikator keberhasilan yaitu sebesr dari 75% jumlah siswa.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/27961
Appears in Collections:Accounting Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
DINDA SAFITRA (PENDIDIKAN AKUNTANSI).pdfFull Text6.06 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.