Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/27953
Title: | PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGANTISIPASI SISWA-SISWI YANG BOLOS DI SEKOLAH KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BINTANG BAYU TAHUN PEMBELAJARAN 2023-2024 |
Authors: | -, KARINA |
Keywords: | Bimbingan Kelompok;Perilaku Membolos, |
Issue Date: | 13-Mar-2025 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru bimbingan dan konseling dalam layanan bimbingan kelompok untuk mengantisipasi perilaku membolos siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Bintang Bayu Tahun Pembelajaran 2023–2024. Perilaku membolos merupakan masalah yang berdampak negatif terhadap prestasi akademik dan disiplin siswa. Faktor internal seperti kurangnya motivasi belajar dan tekanan emosional serta faktor eksternal seperti pengaruh teman sebaya dan lingkungan keluarga berkontribusi terhadap kebiasaan membolos siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari enam siswa kelas VIII yang sering membolos serta guru BK di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok yang diberikan oleh guru BK efektif dalam meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya kehadiran di sekolah, mengurangi frekuensi membolos, dan membantu siswa dalam mengelola masalah akademik serta sosial mereka.Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa keberhasilan bimbingan kelompok didukung oleh komitmen guru BK, keterbukaan siswa, serta dukungan dari pihak sekolah dan orang tua. Namun, terdapat kendala seperti keterbatasan waktu pertemuan dan pengaruh lingkungan luar sekolah yang masih kuat. Oleh karena itu, disarankan agar program bimbingan kelompok dilakukan secara berkelanjutan, melibatkan orang tua, serta mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih menarik bagi siswa. Kesimpulannya, peran guru BK dalam layanan bimbingan kelompok terbukti efektif dalam mengantisipasi perilaku membolos siswa. Upaya kolaboratif antara guru, sekolah, dan orang tua sangat diperlukan untuk memastikan keberlanjutan hasil yang dicapai. |
URI: | http://localhost:8080/handle/123456789/27953 |
Appears in Collections: | Guidance and Counseling |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Bismillah skripsi karina-.pdf | Full Text | 3.25 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.