Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/27948
Title: | EFEKTIVITAS POLA KOMUNIKASI GURU TERHADAP SISWA DENGAN METODE BRAINSTORMING DI SMA NEGERI 1 AIR PUTIH |
Authors: | NITA ANANTA, YUFAN |
Keywords: | Efektivitas Pembelajaran;Pola Komunikasi;Guru;Brainstorming |
Issue Date: | 23-Apr-2025 |
Publisher: | UMSU |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pola komunikasi guru terhadap siswa dengan metode brainstorming di SMA Negeri 1 Air Putih. Komunikasi interpersonal merupakan proses interaksi langsung antara guru dan siswa yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Berdasarkan pengamatan peneliti, masalah yang dihadapi oleh siswa SMA Negeri I Air putih dapat dilihat bahwa rendahnya antusiasme belajar siswa diperkirakan disebabkan oleh penggunaan metode pengajaran yang kurang bervariasi yang selama ini diterapkan oleh para guru. Prosedur pengajaran yang kini lebih sering dilakukan oleh guru cenderung fokus pada penghafalan konsep daripada pemahaman. Rendahnya antusiasme dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran masih menjadi tantangan bagi guru. Oleh karena itu, penerapan metode brainstorming diharapkan dapat meningkatkan interaksi aktif serta motivasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Air Putih dengan melibatkan guru sebagai narasumber utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode brainstorming dalam proses pembelajaran mampu meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dan mengoptimalkan pemahaman materi. Selain itu, metode brainstorming juga berkontribusi dalam pembentukan karakter siswa, termasuk kejujuran, tanggung jawab, dan kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dan kepercayaan. Penelitian ini merekomendasikan agar guru terus mengembangkan metode pembelajaran yang interaktif dan partisipatif guna meningkatkan efektivitas proses pembelajaran. Selain itu, pelatihan bagi guru mengenai teknik komunikasi interpersonal juga penting untuk mendukung tercapainya pembelajaran yang optimal. |
URI: | http://localhost:8080/handle/123456789/27948 |
Appears in Collections: | Communication Studies |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI NITA ANANTA YUFAN FIXX.pdf | Full text | 4.78 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.