Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/27944
Title: | ANALISIS KONSTRUKSI PATRIARKI FILM TUHAN, IZINKAN AKU BERDOSA KARYA HANUNG BRAMANTYO DAN FILM YUNI KARYA KAMILA ANDINI |
Authors: | ANANDA BINTANG, DEILY |
Keywords: | Konstruksi Patriarki;Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce;Film |
Issue Date: | 17-Apr-2025 |
Publisher: | UMSU |
Abstract: | Film yang merupakan salah satu bentuk dari komunikasi massa yang diperegunakan sebagai alat menyampaikan pesan. Film yang memiliki fungsi sebagai hiburan, juga berfungsi sebagai media edukatif dan informatif untuk para komunikannya. Film yang diproduksi dengan Teknik perekaman dengan kamera lalu di sunting menggunakan perangkat lunak yang kemudian di distribusikan lewat bisokop, televisi hingga platform digital. Dengan berbagai genre yang ada film seringkali menyuguhkan kebiasaan yang terjadi di Masyarakat. Penelitian ini akan menganalisis konstruksi patriarki yang terdapat pada film “Tuhan, Izinkan Aku Berdosa” karya Hanung Bramantyo dan Film “Yuni” karya Kamila Andini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif lalu di analisis menggunakan analisis semiotika milik Charles Sanders Peirce, yaitu dengan melihat tanda (sign), objek (object), dan interpretasi (interpretant). Melalui pengumpulan data dokumentasi berupa capture pada setiap adegan yang terdapat pada film yang mengandung indikator konstruksi patriarki. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa film “Tuhan, Izinkan Aku Berdosa” karya Hanung Bramantyo dan Film “Yuni” karya Kamila Andini mengandung unsur Konstruksi patriarki yang digambarkan dengan adanya nilai kekuasaan laki-laki, pembatasan hak perempuan dan ketidaksetaraan gender didalamnya. |
URI: | http://localhost:8080/handle/123456789/27944 |
Appears in Collections: | Communication Studies |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SOFT FILE SKRIPSI ANANDA BINTANG.pdf | Full text | 2.28 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.