Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27929
Title: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI PADA BMT MASYARAKAT MADANI
Authors: SAFRI HELMI RIANDA, GAJAH
Keywords: Kualitas Pelayanan;BMT Masyarakat Madani;Kepuasan Anggota
Issue Date: 22-Apr-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota koperasi pada BMT Masyarakat Madani. Kualitas pelayanan diukur melalui dimensi keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, yaitu sebuah pendekatan untuk menguji teori objektif dengan menguji hubungan antar variabel. Populasi penelitian adalah seluruh anggota BMT Masyarakat Madani, dan sampel diambil secara acak. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada responden terpilih. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, menghasilkan kesimpulan variable pengaruh kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan anggota. Hasil penelitian di peroleh nilai signifikan untuk Pengaruh Kualitas pelayanan (X) terhadap variabel Kepuasan anngota (Y) adalah sebesar 0,088 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0₁ ditolak dan Ha1 diterima yang artinya berpengaruh terhadap variabel Kepuasan Anggota (Y). Kepuasan anggota dapat di jelaskan oleh variable bebas yaitu pengaruh kualitas pelayanan sebesar 58,8 persen sedangkan sisanya 42,2 persen di jelaskan factor lain di luar model penelitian ini.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/27929
Appears in Collections:Sharia Management Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1801280096.pdfFull text4.26 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.