Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27916
Title: EDUKASI BERBASIS STORY TELLING PENGGUNAAN QRIS MELALUI IKLAN “EPISODE 1: KRIS DAN IPAY” DI AKUN INSTAGRAM @BANK_INDONESIA_SUMUT
Authors: ANDINY, DEA PUTRI
Keywords: Edukasi;Iklan
Issue Date: 22-Apr-2025
Publisher: umsu
Abstract: Perkembangan teknologi digital telahh membawa perubahan signifikan dalam cara masyarakat melakukan transaksi keuangan, termasuk melalui penggunaan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standart) yang diluncurkan oleh Bank Indonesia pada tahun 2019. Literasi keuangan masyarakat terkait QRIS masih perlu ditingkatkan agar teknologi ini dapat dimanfaatkan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana edukasi berbasis storytelling dalam iklan “Episode 1: Kris dan Ipay” di akun Instagram @bank_indonesia_sumut digunakan untuk menyampaikan informasi tentang penggunaan QRIS secara efektif dan bagaimana elemen-elemen Storyteling yang terkandung dalam iklan tersebut berkontribusi pada penyampaian pesan edukatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan semiotika Roland Barthes untuk menganalisis elemen naratif dan visual dalam iklan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan storytelling yang digunakan dalam iklan berhasil menyampaikan pesan edukatif secara menarik dan relevan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat, melalui narasi yang melibatkan dua sahabat, Kris dan Ipay, yang melakukan berbagai aktivitas dengan menggunakan QRIS. Storytelling menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap QRIS, sekaligus mendorong adaptasi terhadap sistem pembayaan digital.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/27916
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
DEA PUTRI ANDINY_TUGAS AKHIR.pdfFull Text4.2 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.