Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27913
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorDILA, WARDANI-
dc.date.accessioned2025-06-23T08:23:07Z-
dc.date.available2025-06-23T08:23:07Z-
dc.date.issued2025-03-24-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/27913-
dc.description.abstractPermasalahan yang dihadapi oleh guru terhadap siswa tunanetra majemuk adalah hambatan dalam berkomunikasi sehingga seringkali menghambat proses pembelajaran. penelitian yang berjudul pendekatan Komunikasi Guru Kepada Siswa Tunanetra Majemuk Dalam Proses Pembelajaran Di Yayasan Pendidikan Dwituna Harapan Baru bertujuan untuk memberikan dan menggambarkan secara konkrit bagaimana pendekatan komunikasi yang dilakukan oleh guru kepada siswa tunanetra majemuk dalam proses pembelajaran di Yayasan Pendidikan Dwituna Harapan Baru. Tunanetra majemuk adalah kondisi individu yang mengalami gangguan penglihatan (tunanetra) bersamaan dengan disabilitas lain, seperti gangguan pendengaran, gangguan intelektual, gangguan motorik, atau kombinasi dari beberapa kondisi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar di Yayasan Pendidikan Dwituna Harapan Baru. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan berdasarkan temuan di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang dilakukan oleh guru disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi setiap siswa. seperti sentuhan, alat bantu komunikasi, serta aktivitas rutin yang membantu siswa lebih mudah memahami pelajaran. proses dalam pendekatan komunikasi guru pada anak tunanetra majemuk terdiri dari 5 pendekatan yaitu: keterbukaan, empati, dukungan, suasana belajar yang positif, dan kesetaraan.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectKomunikasien_US
dc.subjectGuruen_US
dc.subjectTunanetra Majemuken_US
dc.subjectPembelajaranen_US
dc.titlePENDEKATAN KOMUNIKASI GURU KEPADA SISWA TUNANETRA MAJEMUK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI YAYASAN PENDIDIKAN DWITUNA HARAPAN BARUen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI DILA WARDANI - ILMU KOMUNIKASI.pdfFull text8.32 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.