Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27879
Title: IMPLEMENTASI PENGGUNAAN METODE MODELING THE WAY PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS PAB 1 HELVETIA
Authors: Haryati, Nabila
Keywords: Implementasi;modelling the way
Issue Date: 31-May-2025
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penggunaan metode modelling the way dalam pembelajaran fikih pada materi thaharah dan shalat di kelas VII MTs PAB 1 Helvetia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun objek penelitiannya adalah implementasi strategi modelling the way dalam pembelajaran fikih pada materi thaharah dan shalat, sedangkan subjek dalam penelitian ini yaitu guru fikih dan peserta didik kelas VII MTs PAB 1 Helvetia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi penggunaan metode modelling the way dimulai dengan siswa mengamati materi yang disampaikan guru dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kemudian siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengeksplorasi materi dengan mempraktekannya. Setelah itu guru memberikan umpan balik dan menutup pelajaran dengan saran dan kesimpulan. Pelaksanaan penelitian ini didukung beberap faktor, yakni: minat siswa yang cukup antusias saat belajar, sarana dan prasarana yang mendukung seperti adanya musholah yang cukup luas beserta tempat wudhunya dan cukupnya alokasi waktu pembelajaran untuk menerapkan metode ini, yakni 2 x 40 menit per pertemuannya. Penerapan metode modelling the way cukup efektif, terlihat dari beberapa aspek, antara lain: penggorganisasian materi yang baik sehingga mudah dipahami siswa, komunikasi materi yang efektif antara siswa sebagai model dengan seluruh siswa sehingga materi lebih mudah dikuasai, timbulnya sikap positif pada siswa, pemberian nilai yang dilakukan secara objektif dan transparan, pendekatan materi pembelajaran yang baik dan hasil belajar siswa yang baik dimana siswa mampu mempraktekan materi dengan baik dan nantinya akan dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/27879
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI Nabila Haryati (1901020054).pdf7.14 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.