dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas
produk, pelayanan purna jual terhadap kepuasan pelanggan UD.HN Service
Station. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 169 konsumen dari
populasi yang berjumlah 293 konsumen dan merupakan konsumen aktif UD. HN
Service Station.
Teknik pengumpulan data menggunakan data primer berupa angket dan
menggunakan skala likert dalam pemilihan respon penilaian, sedangkan teknik
analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil
analisis data, diperoleh hasil yang menyatakan bahwa variabel kualitas produk
memiliki nilai P-value 0,000 < 0,05 artinya berpengaruh signifikan, sedangkan
thitung 3,644 > ttabel 1,660 jadi dapat disimpulkan hipotesa Ha diterima dan Ho
ditolak artinya variabel kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan pelanggan. Selanjutnya variabel layanan purna jual memiliki
nilai P-value 0,528 > 0,05 yang artinya tidak berpengaruh signifikan dan
diperoleh thitung -0,633 < ttabel 1,660 jadi dapat disimpulkan hipotesa Ha ditolak dan
Ho diterima artinya variabel layanan purna jual secara parsial tidak berpengaruh
terhadap kepuasan pelanggan. Dan yang terakhir nilai Fhitung sebesar 7,249
sedangkan Ftabel sebesar 3,05 maka Fhitung > Ftabel. Kemudian P-value 0,001 < 0,05
artinya signifikan. Maka Ha diterima dan dapat diambil kesimpulan bahwa
variabel X1 (kualitas produk) dan X2 (layanan purna jual) secara bersama-sama
berpengaruh terhadap variabel Y (kepuasan pelanggan) secara signifikan.
Melalui pengolahan data, peneliti dapat memberikan masukan atau saran
kepada perusahaan yaitu perusahaan diharapkan mampu mempertahankan kualitas
produk yang sudah dinilai baik oleh pelanggan dan lebih memperhatikan layanan
after pembelian untuk menciptakan kepuasan yang akhirnya berdampak pada
loyalitas pelanggan. |
en_US |