Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27856
Title: PENGEMBANGAN MEDIA PETA BUDAYA INDONESIA BERBASIS AI PADA MATA PELAJARAN IPAS BAGI SISWA KELAS IV SD IT – UMMU HAFIDZAH
Authors: RIZKY, ANANDA
Keywords: Pengembangan Media;Peta Budaya Indonesia;AI;ADDIE;Pembelajaran IPAS
Issue Date: 27-May-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Namun, penelitian ini hanya sampai pada tahap Implementation. (1) Tahap Analysis mencakup analisis kebutuhan siswa, karakteristik siswa, serta analisis kurikulum. (2) Tahap Design adalah tahap perancangan media Peta Budaya Indonesia Berbasis AI, mulai dari penyusunan desain, materi, hingga instrumen penelitian. (3) Tahap Development meliputi validasi media oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain untuk memastikan kevalidan produk. (4) Tahap Implementation merupakan uji coba penggunaan media Peta Budaya Indonesia Berbasis AI di SD IT - Ummu Hafidzah, yang melibatkan respon guru dan siswa terhadap kepraktisan media. Penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran berbentuk Peta Budaya Indonesia Berbasis AI yang telah melalui proses validasi dan uji kepraktisan. Hasil validasi dari ahli materi menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 95,38% (sangat valid), ahli bahasa 90% (sangat valid), dan ahli desain media 94,28% (sangat valid). Hasil uji kepraktisan oleh guru memperoleh skor 96,36 % (sangat praktis), sedangkan respon siswa mencapai 90,40% (sangat praktis). Dengan demikian, media Peta Budaya Indonesia Berbasis AI yang dikembangkan layak digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran IPAS, khususnya dalam memahami konsep keberagaman budaya Indonesia di kelas IV SD.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/27856
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI RIZKY ANANDA (2021).pdfFull Text7.89 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.