Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27850
Title: PENGARUH FAKTOR BUDAYA SOSIAL PRIBADI DAN PSIKOLOGI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TANAMAN ANGGREK DI PANE ORCHID GARDEN DESA TIGA DOLOK KECAMATAN DOLOK PANRIBUAN KABUPATEN SIMALUNGUN
Authors: FAHMI, IDRIS
Keywords: Anggrek;Faktor Budaya;Sosial;Pribadi;Psikologi;Keputusan Pembelian
Issue Date: 23-Apr-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini mengkaji pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologi terhadap keputusan pembelian tanaman anggrek oleh konsumen di Pane Orchid Garden, yang berlokasi di Desa Tiga Dolok, Kabupaten Simalungun. Latar belakang penelitian didasarkan pada meningkatnya minat masyarakat terhadap tanaman hias, khususnya anggrek, yang memiliki nilai ekonomi dan estetika tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linear berganda untuk mengetahui sejauh mana keempat faktor tersebut memengaruhi perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Jumlah responden sebanyak 35 orang dipilih dengan teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor budaya, sosial, dan pribadi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan faktor psikologi justru menunjukkan pengaruh signifikan yang negatif. Beberapa unsur psikologis seperti motivasi kebutuhan hidup, keyakinan terhadap tren, pengalaman sebelumnya, serta hobi justru menjadi penghambat dalam proses pengambilan keputusan. Koefisien determinasi sebesar 73,2% menunjukkan bahwa variabel-variabel yang diteliti memiliki kontribusi besar terhadap keputusan pembelian.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/27850
Appears in Collections:Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI FAHMI IDRIS.pdfFull Text4.35 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.