Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27825
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMUHAMMAD RAFLI, SYACH-
dc.date.accessioned2025-06-21T05:17:39Z-
dc.date.available2025-06-21T05:17:39Z-
dc.date.issued2024-12-27-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/27825-
dc.description.abstractFilm adalah salah satu media yang berhubungan dan berkaitan dengan kebiasaan bahkan kehidupan masyarakat. Film banyak diminati oleh masyarakat karena film tidak hanya menghibur tetapi juga memberi edukasi kepada penonton. Tujuan dari penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui isi pesan dakwah dalam film Makmum 2 karya Guntur Soeharjanto dengan film Khanzab karya Anggy Umbara. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian semiotika Charles Sanders Pierce dengan tiga jenis tanda yaitu sign, object, dan interpretant. Tujuan dari penelitian kualitatif adalah untuk mengumpulkan data yang berbentuk teks, gambar, dan audio untuk mempelajari sebuah makna. Film Makmum 2 merupakan film yang menceritakan adanya gangguan dalam melaksanakan ibadah shalat. Sedangkan film khanzab merupakan sebuah film yang menceritakan sebuah tragedi pembunuhan para dukun di banyuwangi. Tragedi tersebut membuat rahayu diganggu oleh khanzab yang mengancam kedamaian batin nya. Kedua film ini menekankan pentingnya ibadah dan keimanan kepada allah dalam menghadapi berbagai permasalahan hidup, termasuk gangguan makhluk ghaib.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectSemiotika Charles Sanders Pierceen_US
dc.subjectPesan Dakwahen_US
dc.subjectFilm Makmum2en_US
dc.subjectFilm Khanzaben_US
dc.subjectIndonesiaen_US
dc.titleANALISIS ISI PESAN DAKWAH DALAM FILM MAKMUM 2 KARYA GUNTUR SOEHARJANTO DENGAN FILM KHANZAB KARYA ANGGY UMBARAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI - M. Rafli Syach (2003110012) FIXX.pdfFull text2.58 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.