Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27787
Title: Pengaruh Pendidikan Profesi Guru (PPG) Terhadap Kesiapan Mahasiswa FKIP UMSU Menjadi Guru Profesional
Authors: Zharifah, Anisah
Keywords: Pendidikan Profesi Guru;kesiapan menjadi guru;mahasiswa FKIP;guru profesional
Issue Date: 23-Apr-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Profesi Guru (PPG) terhadap kesiapan mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dalam menjadi guru profesional. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh fenomena rendahnya kesiapan sebagian mahasiswa dalam menjalankan peran sebagai guru, meskipun telah menempuh perkuliahan kependidikan. Pendidikan Profesi Guru merupakan salah satu program yang dirancang pemerintah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional calon guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester VII FKIP UMSU dengan jumlah sampel sebanyak 81 mahasiswa, yang dipilih menggunakan teknik accidental sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup dengan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program PPG berpengaruh signifikan terhadap kesiapan mahasiswa dalam menjadi guru profesional, yang ditunjukkan melalui indikator tingkat pemahaman, pemanfaatan sumber belajar, proses pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa program PPG memiliki kontribusi positif terhadap peningkatan kesiapan mahasiswa FKIP UMSU dalam menghadapi tantangan profesional sebagai seorang guru. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan mutu pendidikan guru di perguruan tinggi dan menjadi bahan evaluasi dalam pengembangan program PPG di masa mendatang.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/27787
Appears in Collections:Accounting Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ANISAH ZHARIFAH (2002070023).pdfFull Text5.62 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.