Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27784
Title: Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Asessment, Satisfaction) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SDS Muhammadiyah 25 Medan
Authors: Rahmah, Riri Fadiyah
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis;Pembelajaran IPAS;Siswa Kelas V
Issue Date: 27-May-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Asessment, Satisfaction) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V dalam pembelajaran IPAS. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah satu kelas yang berjumlah 21 orang siswa, dimana Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Instrumen pengumpulan data berupa tes esay yang menyangkut pada pre-test dan juga post-test. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu pengaruh model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Asessment, Satisfaction) sementara itu untk variabel terikut dalam penelitian ini yaitu kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPAS. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata siswa setelah penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Asessment, Satisfaction). Peningkatan ini menyatakan bahwa model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Asessment, Satisfaction) memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Dengan demikian, model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Asessment, Satisfaction) dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/27784
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Riri Fadiyah Rahmah Skripsi.pdfFull text6.76 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.