Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27783
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDS Muhammadiyah 25
Authors: Hafipa, Sintia
Keywords: Brain Based Learning;Kemampuan Berpikir Kritis;Pembelajaran IPAS;Siswa Kelas IV
Issue Date: 27-May-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan mengenai rendahnya berpikir kritis siswa, guru yang kurang menggunakan variasi metode dan model pembelajaran dan ini menyebabkan hanya beberapa siswa saja yang memperhatikan guru pada saat menjelaskan pembelajaran dan ini yang menyebabkan rendahnya siswa untuk berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV dalam pembelajaran IPAS. Populasi dalam penelitian ini ini berjumlah 25 orang siswa, dimana Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes essay yang menyangkut pada pre-test dan juga post-test. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning sementara itu untuk variabel terikat dalam penelitian ini yaitu kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPAS. Pengujian hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah paired sampel T-Test mendapatkan hasil nilai signifikan 0,000<0,05. Berarti nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka ini menunjukan Ha diterima berarti terdapat pengaruh yang signifikan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada pelajaran IPAS siswa kelas IV SDS Muhammadiyah 25 medan.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/27783
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_SINTIA HAFIPA.pdfFull text8.88 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.