Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27782
Title: IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBENTUKAN MORAL SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH-16 LUBUK PAKAM
Authors: SYAFRIDA, NILA
Keywords: Pendidikan Karakter;Manajemen Pendidikan;Pembentukan Moral.
Issue Date: 8-Feb-2025
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen pendidikan karakter dan dampaknya terhadap pembentukan moral siswa di SMP Muhammadiyah-16 Lubuk Pakam. Pendidikan karakter merupakan aspek penting dalam sistem pendidikan yang berfokus pada pembentukan sikap, perilaku, dan moral siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP Muhammadiyah-16 Lubuk Pakam telah menerapkan berbagai program pendidikan karakter, seperti kegiatan keagamaan harian, program 7S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, Syukur, Semangat), dan kegiatan ekstrakurikuler berbasis karakter. Program disusun dengan langkah strategis, termasuk perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Program-program ini berhasil membentuk moral siswa yang lebih baik, terlihat dari peningkatan sikap sopan santun, disiplin, serta rasa tanggung jawab siswa. Namun, beberapa kendala masih ditemukan dalam implementasi, seperti kurangnya konsistensi guru dalam penerapan nilai-nilai karakter dan minimnya partisipasi orang tua dalam mendukung pendidikan karakter di rumah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi manajemen pendidikan karakter di SMP Muhammadiyah-16 Lubuk Pakam memberikan dampak positif terhadap pembentukan moral siswa, meskipun masih diperlukan upaya perbaikan dalam aspek konsistensi dan keterlibatan semua pihak terkait.
URI: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27782
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS NILA SYAFRIDA 2120060103.pdf4.84 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.