Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27694
Title: STRATEGI TEORI SELF DISCLOSURE DALAM MENGATASI KECEMASAN PUBLIC SPEAKING PADASISWA DI MAN 2 DELI SERDANG
Authors: MAISYA, SABINA
Keywords: Self Disclosure;Public Speaking;Komunikasi Interpersonal
Issue Date: 22-Apr-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kecemasan Public Speaking yang dapat dikarenakan adanya ketidakmampuan menyusun pesan. Self Disclosure memberikan peranan penting dalam perkembangan hubungan yang dekat antarindividu namun sebagian orang masih enggan untuk melakukannya. Permasalahan dalam penelitian ini bagaimana strategi Self Disclosure dalam mengatasi kecemasan Public Speaking di MAN 2 Deli Serdang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Self Disclosure model Sidney Jourard. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara sebanyak 9 narasumber yang terdiri dari 7 siswi dan 2 siswa. Teknik analisis menggunakan pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengembangkan keterampilan Public Speaking dengan menerapkan teori Self Disclosure juga memungkinkan siswa untuk lebih mengenal diri mereka sendiri dan meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal. Dengan berbagai pengalaman serta pemikiran mereka, siswa tidak hanya mengatasi kecemasan berbicara, tetapi juga membangun hubungan sosial yang baik. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa Public Speaking merupakan keterampilan yang sangat penting untuk dikembangkan dan akan berguna untuk jangka panjang.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27694
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TUGAS AKHIR MAISYA SABINA (1).pdfFull Text5.62 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.