Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemahaman pengelolaan
keuangan terhadap peningkatan kualitas sekolah SMP, SMA, dan SMK
Muhammadiyah di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan
pendekatan kuantitatif. Populasi terdiri dari kepala sekolah dan bendahara dari 29
sekolah, dengan jumlah responden sebanyak 58 orang, menggunakan teknik sampling
jenuh. Data dikumpulkan melalui kuesioner berskala Likert dan dianalisis
menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan software
SmartPLS versi 4.1.0.2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman
pengelolaan keuangan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kualitas sekolah,
dengan nilai t-statistic sebesar 2,665 dan p-value 0,008 < (0,05). Secara umum,
pengelolaan keuangan telah sesuai dengan ketentuan Majelis Dikdasmen PP
Muhammadiyah Nomor: 101/KTN/1.4/C/2017, terutama dalam aspek transparansi
dan akuntabilitas. Namun, beberapa aspek seperti penggunaan rekening bank syariah
dan penguatan monitoring masih perlu ditingkatkan. Peningkatan kualitas sekolah
juga dilakukan melalui pelatihan guru, peningkatan kapasitas manajemen, serta
strategi promosi. Meskipun sebagian sekolah telah terakreditasi baik oleh BAN-S/M,
tantangan seperti sarana prasarana dan peningkatan kompetensi guru tetap menjadi
fokus perbaikan.