Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27516
Title: STRATEGI KOMUNIKASI BUPATI DALAM MENJALANKAN PROGRAM BUJANG KAMPUNG DI KABUPATEN SIAK
Authors: RIDHO, MUHAMMAD
Keywords: Strategi komunikasi;Komunikasi pemerintah;Partisipasi masyarakat
Issue Date: 17-Apr-2025
Publisher: umsu
Abstract: Strategi komunikasi yang efektif sangat penting dalam implementasi kebijakan pemerintah untuk memastikan program dapat diterima dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi yang digunakan oleh Bupati Siak dalam menjalankan program Bujang Kampung di Desa Pinang Sebatang Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori strategi komuniksi dan teori komunikasi pemerintah. Teknik penetapan informan menggunakan teknik perposif sempling. Jumlah informan pada penelitian ini berjumlah tiga orang. Teknik analisis data yang digunakan, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang diterapkan melibatkan komunikasi langsung melalui pertemuan tatap muka, media sosial, serta keterlibatan perangkat desa dan tokoh masyarakat. Selain itu, terdapat beberapa hambatan dalam implementasi strategi komunikasi, seperti keterbatasan akses informasi bagi masyarakat di daerah terpencil dan kurangnya pemahaman sebagian masyarakat terhadap program ini. Dengan adanya strategi komunikasi yang tepat, Program Bujang Kampung dapat berjalan lebih efektif dan meningkatkan partisipasi masyrakat dalam pelayanan publik.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27516
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
STRATEGI KOMUNIKASI BUPATI DALAM MENJALANKAN PROGRAM BUJANG.pdfFull Text4.83 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.