Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27479
Title: ANALISIS SEMIOTIKA “JANGAN SELALU PERCAYA MOTIVATOR” DI CHANNEL YOUTUBE MALAKA PROJECT DAN CHANNEL YOUTUBE GURU GEMBUL
Authors: M. AZIZ DAFFA, AULIA
Keywords: Komunikasi Massa;Youtube;Semiotika;Jangan Selalu Percaya Motivator
Issue Date: 22-Apr-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Saat ini, komunikasi massa menjadi salah satu bentuk komunikasi yang paling sering digunakan, terutama melalui media massa seperti YouTube. YouTube adalah platform yang mudah diakses kapan saja dan di mana saja lewat internet, baik melalui laptop, smartphone, tablet, dan perangkat digital lainnya. Banyak motivator kini menggunakan YouTube untuk menyebarkan pesan-pesan motivasi kepada masyarakat. Namun, tidak semua motivasi cocok dengan situasi setiap orang. Penelitian ini berjudul “SEMIOTIKA ‘JANGAN SELALU PERCAYA MOTIVATOR’ DI CHANNEL YOUTUBE MALAKA PROJECT DAN GURU GEMBUL”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis semiotika “jangan selalu percaya motivator melalui konten dari channel Malaka Project dan Guru Gembu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan teori semiotika Roland Barthes. Hasilnya menunjukkan bahwa video "Stop Percaya Motivator!" dari channel Malaka dan "JANGAN selalu PERCAYA OMONGAN PARA MOTIVATOR" dari channel Guru Gembul, dapat digali makna semiotika “jangan selalu percaya motivator” melalui teori semiotika roland barthes, dengan menggunakan dua tahap pemaknaan yaitu denotasi, konotasi, dan mitos.. Baik Coki maupun Guru Gembul menyampaikan bahwa motivasi yang disampaikan motivator sering kali hanya memberikan ketenangan sesaat, tanpa benar-benar membantu menyelesaikan masalah yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27479
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Analisis Semiotika Jangan Selalu Percaya Motivator di Channel Youtube Malaka Project dan Channel Yout.pdfFull Text2.54 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.