Research Repository

ANALISIS PENGARUH GERAK PUTARAN BALIK (U-TURN) TERHADAP KINERJA LALU LINTAS DI RUAS JALAN ARIEF RAHMAN HAKIM MEDAN (STUDI KASUS)

Show simple item record

dc.contributor.author ADE, NUGRAHA
dc.date.accessioned 2025-05-26T11:00:01Z
dc.date.available 2025-05-26T11:00:01Z
dc.date.issued 2025-04-17
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27476
dc.description.abstract U-turn adalah fasilitas berupa bukaan median yang dapat digunakan oleh kendaraan untuk melakukan putar balik arah. Namun dengan adanya U-turn, kecepatan kendaraan dari arah yang sama maupun yang berlawanan akan melambat bahkan berhenti sehingga mengakibatkan perubahan arus lalu lintas. Dalam perencanaan median disediakan pula bukaan median yang memungkinkan kendaraan merubah arah perjalanan berupa gerakan putar balik arah atau diistilahkan sebagai gerakan u–turn. Tujuan penelitian yaitu Untuk mengetahui besar volume lalu lintas yang akan terjadi pada ruas jalan Arief Rahman Hakim dan Tingkat pelayanan, waktu yang dibutuhkan rata–rata kendaraan yang akan melakukan u-turn. Untuk mendapatkan tujuan tersebut digunakan metode PKJI 2014. Dari hasil penelitian tersebut didapatkan besar tingkat pelayanan terhadap ruas jalan Arief Rahman Hakim sebesar 1979 skr/jam dengan memiliki kelas hambatan samping sangat tinggi yaitu sebesar 1971,9 Dengan tingkat pelayanan F. waktu rata-rata kendaraan saat melakukan U-turn sebesar 2,17 km/jam, dengan Panjang antrian kendaraan 20 meter. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject U-turn en_US
dc.subject waktu tempuh en_US
dc.subject Kecepatan en_US
dc.subject tingkat pelayanan jalan en_US
dc.subject panjang antrian en_US
dc.title ANALISIS PENGARUH GERAK PUTARAN BALIK (U-TURN) TERHADAP KINERJA LALU LINTAS DI RUAS JALAN ARIEF RAHMAN HAKIM MEDAN (STUDI KASUS) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account